24 Jenis Kucing Terbaik di Dunia, Sebaiknya Anda Ketahui

jenis kucing lucu di dunia
Jenis Kucing di Dunia
ANWARIZ Blog Personal | 24 Jenis Kucing Lucu didunia | Pernahkah Anda menghitung berapa banyak jenis kucing yang ada di dunia? Mungkin diantara pecinta kucing sudah banyak yang tahu ya. Namun, jika Anda penasaran tentang macam-macam kucing di dunia, kali ini saya akan membahasnya untuk Anda. Jenis kucing di dunia sangatlah beragam. Mulai dari yang sudah familiar seperti kucing angora, kucing persia, sphynx dan kucing siam. Kelihatannya banyak bukan? Namun, ternyata masih banyak jenis kucing tentunya ada baiknya kita ketahui bersama. Mari langsung saja kita simak dibawah ini:

Jenis-jenis Kucing di Dunia



1. Kucing Persia
jenis kucing persia 

Kucing persia termasuk jenis kucing berbulu panjang paling populer dikalangan pecinta kucing. Kucing persia dikenal sebagai kucing rumahan. Mereka mudah akrab dengan kucing lainnya, hewan lain dan anak-anak. Kucing persia sangat responsif dan menyenangkan bagi pemiliknya. Namanya diambil dari negara asalnya, Persia.


2. Kucing Tiffany

jenis kucing tiffany 

Berdasarkan temuan dari para ahli, mereka menduga bahwa kucing tersbut hanya keturunan dari Burmese. Namun jenis ini tidak memiliki berwarna sepia seperti ciri khas kucing burnese. Peternak kucing di Burnesekah yang kemudian memperkenalkan kucing ras Tifanny.


Disebabkan oleh jumlahnya yang sedikit ACA akhirnya menghapus Ras Kucing Tiffany. Namun lama kelamaan di negara Kanada terdapat banyak pecinta kucing yang menemukan ras ini dan memutuskan melestarikannya hingga saat ini. Jenis kucing ini sangat menyukai manusia..walaupun juga tidak terlalu pemalas dan rajin.

3.  Kucing Maine Coon

jenis kucing maine coon 

Kucing jenis Maine Coon berasal dari USA, Maine. Tapi asal usul dari kucing ini sama sekali tidak diketahui, coba bandingkan dengan kucing birman atau turkish van yang kita udah tahu gimana asal-usulnya. Postingan ini terisnpirasi dan diambil dari kucing Maine Coon blog.


kucing Maine Coon mampu bertahan dalam salju dan udara dingin sekalipun karena memiliki bulu yang tebal dan anti air, ditambah terdapat bulu yang sangat tebal di bagian kaki, perut kemudian leher.

Jenis kucing ini memiliki badan yang besar. Untuk kucing jantan saja beratnya antara 6-9 kg. Sedangkan untuk kucing betina 4-6 kg. Maine Coon juga memiliki mata dan telinga besar mencerminkan kemampuan penglihatkan dan pendengaran yang lebih.

4. Kucing Siam

jenis kucing siam 

Kucing Siamese berasal dari negara Siam (Sekarang Thailand). Umumnya tidak banyak mengenal nama negara tersebut. Itulah alasana kenapa kebanyakan orang indonesia menggunakan nama kucing siam untuk memanggil jenis kucing ini.


Memang banyak ya kucing terkenal dari asean contohlah juga kucing birman yang dari birma. Bahkan mungkin juga kucing abyssinian yang ada kemungkinan dari asean.

Pertama kali kucing siam ada di eropa adalah saat kucing ini dijadikan hadiah untuk duta besar inggris. Kemudian seperti perkiraan kucing siam ini menjadi popule di inggris kemudian eropa.

Sifat dari Kucing Siamese atau kucing siam ini adalah selalu ingin tahu dan hiperaktif. Kadang-kadang juga menjengkelkan karena terlalu berisik.

5.  Kucing Scottish Fold

Ini kucing dengan penampilan burung hantu seperti disebut Scottish Fold. Hal ini juga kadang-kadang disebut Coupari, berkembang biak dengan mutasi gen dengan dominan-alam yang membuat tulang rawan telinganya berisi dan terlipat menyebabkan telinga membungkuk ke depan dan ke bawah ke arah depan kepala mereka. nama aslinya sebenarnya adalah Flops untuk “floppy ” ears. Nama Scottish Fold menjadi nama yang berkembang di tahun 1966.

6. Kucing Sphynx

Kucing aneh ini berkembang biak langka, Sphynx adalah sebutnya yang juga dikenal sebagai berbulu Kanada. Kucing ini terkenal karena masih kurang dimengerti perkembangannya. Sphynx yang pertama yang berhasil berkembang biak adalah kucing berbulu yang pertama kali muncul pada tahun 1966.

7.  Kucing Peterbald

Kucing lain yang berkembang biak dan aneh adalah Peterbald. Jenis ini berasal dari Rusia. Mereka sebenarnya bukannya tidak berbulu tetapi lebih mirip rambut yang sangat pendek. Seekor Peterbald memiliki cara yang elegan ramping dan kepala yang khas: sempit dan panjang dengan profil lurus, mata berbentuk almond, dan telinga besar. Mereka kehilangan gen rambut dan kulit mereka memiliki warna penampilan abu-abu.

8.  Kucing Turkish Anggora

Seperti namanya berarti kucing aneh ini berkembang biak di Turki. Mata Angora Turki yang membuat breed unik. Matanya mungkin biru, hijau atau kuning, atau satu bahkan biru dan satu kuning. Gen bertanggung jawab atas mantel putih dan mata biru berkaitan erat dengan kemampuan mendengar, dan kehadiran mata biru dapat mengindikasikan mata kucing yang biru berati telinga pada sisi tersebut tuli.

9.  Kucing Oriental Shorthair

Kucing unik ini berkembang biak dengan nama Oriental Shorthair disebut-sebut terlihat seperti anjing. Kucing ini menggabungkan tubuh anjing dan kucing dengan keragaman warna dan pola. Dia Ini berkembang biak dengan kecerdasan lebih baik dan merupakan binatang yang sangat ramah. Mereka mempunyai sifat khas ingin tahu, ramah, emosional, menuntut dan seringkali cukup vokal.

10.  Kucing Munckhin

Salah satu dari banyak ras kucing adalah ras Munchkin. Ciri khas dari  Jenis kucing ini adalah berkaki pendek. Walaupun memiliki kaki pendek tetapi tidak ada masalah maupun gangguan pada tulang punggungnya. Jenis kucing ini masih jarang,  tapi Tahukah kenapa ras kucing ini menjadi cukup populer dengan begitu cepat. Ini karena Saat munchkin duduk maka kaki belakangnya mirip dengan posisi duduknya kelinci.

11. Kucing Egyptian Mau

Kucing yang mengagumkan ini adalah satu-satunya jenis alami dari kucing tutul. Asal Mesir.Warna Perak, perunggu, hitam, dan biru. Perangai Sangat aktif, cerdas, menghibur.

12. Kucing Abyssinian 

Kucing ini merupakan salah satu jenis yang paling populer. Kucing Abyssinian yang besar dan tegap kemungkinan besar pernah menjadi hewan yang dipuja di masa lampau Mesir.

13. Kucing Mank

Sebagian orang menyebutnya Rumpy. Ekornya pendek, Warna bulunya cokelat dan lavender. Sifatnya setia, ramah dan pintar.Warna bulunya coklat dan lavender, dan warna rambutnya paling disukai penggemar kucing

14 . Kucing British Shorthair

Dari namanya pastilah tertebak asalnya yaitu Inggris. Kucing ini kalem, lembut, hangat, dan pintar. Warna bulunya ada yang polos (putih,hitam,biru,merah dan krem), dwiwarna, hitam pekat, belang.

15. Kucing Burmese

Menurut info kucing ini dikembangkan Dr. Thompson (AS) dari kucing ratu wong mau (Burma) dan siamese. Warna cokelat musang, warna lainnya biru, champagne, lifa, merah, cokelat, dan biru kura-kura.

16. Kucing Turkish Van

Walaupun mereka mandiri, Turkish Van adalah kucing yang sebaiknya berada di rumah dengan keluarga. Bulu-bulu mereka yang indah selembut sutra membuat kita senang untuk merawatnya, dan kesenangan mereka bermain air sangat menghibur kita. Asal Turki

17. Kucing Birman

Dikenal sebagai kucing keramat Birma. Sangat tampan dengan pola warna menarik dan jari-jari kakinya yang putih bersih. Kucing Birma masih termasuk jenis yang langka. Asal Birma.

18. Kucing Ragdolls

Kucing ini merupakan kucing yang paling patuh dari semua jenis kucing. Diberi nama Ragdolls karena kebiasaan khas mereka yang suka berbaring di lengan kita. Kucing ini sangat penyayang dan ramah sehingga bisa menjadi hewan peliharaan kita yang sangat baik.

19. Kucing Ocicat

merupakan kucing hasil persilangan abyssinian dan chocolate point Siamese. Kucing ini mirip dengan kucing kampung belang. Umumnya ocicat berpola belang dengan corak totol gelap dan dasar kream. Rambutnya pendek dan mengilap

20. Kucing Bengal

Kucing Bengal adalah kucing liar besar berbintik dengan bulu pendek mengkilap. Kucing eksotis ini adalah jenis peliharaan berbintik paling banyak dan populer di Amerika Serikat, negara asalnya.

21.  Kucing Kucing Toyger

Kucing Toyger adalah kucing berukuran sedang dengan bulu menyerupai bengal. Toyger mempunyai temperamin yang baik dengan kesehatan yang baik dan relatof tahan terhadap penyakit.




Baca juga: Filosofi Kucing


Ras kucing ini merupakan hasil persilangan kucing domestik dengan bengal. Tujuannya untuk menghasilkan harimau kecil yang bisa diajak main dan dipelihara di dalam rumah. Kata Toyger sendiri merupakan singkatan dari “Toy Tiger” (harimau yang bisa diajak bermain).

22. Kucing Angora 

Gerak-geriknya yang lemah gemulai adalah ciri khas dari Angora. Bulunya yang selembut sutra, tubuh yang elegan panjang, telinga menunjuk yang tegak lurus dan mata besar cerdas membuat Angora sangat dihargai kecantikan dan keanggunannya. Kucing jenis ini berasal Amerika Utara.

23.  Kucing Siberia

Kucing Siberia merupakan jenis kucing berambut panjang semi, bertahun-tahun kucing siberia menjadi idaman pecinta kucing dengan penuh kasih sayang. Karakter dari jenis ini sedikit tempramen. Kucing jenis ini berasal Siberia di Rusia. 

24. Kucing American Bobtail

Panjang ekornya bervariasi. Ekor yang sempurnya panjangnya kira-kira cukup jika ekornya tegak sepanjang belakang tubuhnya, sekitar sepertiga hingga setengah panjang ekor kucing pada umumnya. 







Nah, itulah jenis -jenis kucing yang pernah ada di dunia. Banyak bukan? Sekarang Anda sudah tahu kan. Yuk bagikan artikel ini kepada orang-orang yang Anda sayangi agar mereka juga menjadi tahu betapa banyaknya spesies kucing didunia.

0 comments

Posting Komentar

Kami tunggu saran dan kritik via kolom komentar